Cara membuat blog gratis melalui Android

Assalamu`alaikum wa rohmatullahi wa barokatuh

Halo semua bagaimana kabarnya hari ini, ku harap baik baik saja ya teman teman. Pada kesempatan kali ini aku akan berbagi tutorial basic dari blogging. Jika sebelumnya aku sharing artikel berbau youtube sekarang aku akan mebncoba share cara membuat blog gratis.
Cara membuat blog gratis melalui Android
Membuat blog merupakan kegiatan untuk mengisi waktu luang. Aku sendiri membuat blog ini untuk mengisi waktu luangku dengan kegiatan membuat blog. Aku membuat blog, juga merupakan keinginan dari dulu sejak masih di bangku SMK. Alasannya tak lain hanyalah menulis ulang apa yang aku ketahi dari pengalaman pribadi. Pada saat itu aku juga seorang pelajar SMK yang mengambil jurusan TKJ. Sebagai seorang yang lulus dari TKJ tentunya menjadi harpan tersendiri ingin mempunyai sampingan yang relevan dengan sekolah, yaitu blogging.

Blog adalah sebuah platform bawaan Google yang dibuat untuk menulis sebuah karangan yang nantinya bisa di bagikan untuk semua orang. Karangan yang ditulis di blog ialah sebuah karangan yang biasanya bersumber dari pengalaman pribadi, buku, atau kejadian yang terjadi di sekitar. Ada banyak sekali sebuah blog yang membahas berbagai macam karangan, berbagai macam jenis. Kita dapat melihat contoh karangan yang ditulis pada blog seperti, berita terbaru, info gosip seputar artis, bahkan tak sedikit blog yang berisi berbagai macam edukasi yang berguna. Di balik semua tulisan yang ada di blog sring di sebut blogger.

Blogger adalah seseorang yang membuat, menulis, merancang, dan melakukan peran yang lain dalam blog. Ini semua tak lain yaitu blogger. Seseorang yang menulis artikel dalam sebuah blog disebut blogger, seseorang yang memiliki blog disebut blogger juga. Jika teman teman disini juga ingin seperti mereka, maka kalian tepat berada diartikel yang sesuai. Pada awalnya blogger hanyalah seorang penulis, namun seiring dengan pengalaman yang ia dapatkan dari blog. Bukan tidak mungkin ia bisa mendesain blog dengan cantik, rapi dan menarik.

Kita bisa membuat sebuah Blog gratis dengan mudah. Membuat blog itu sama seperi halnya kita embuat sebuah akun sosial media. Bahkan car kerjanya pun sama, kita menulis dan memposting artikel. Yang menjadi pembeda blog dengan sosial media adalah disini kita dituntut untuk memposting sebuah tuisan yang cukup panjang yang menguras ide, dn tenaga kita. Tapi dengan kemampuan yang terbatas karena baru membuat blog, memposting sebuah artikel yang sewajarnya. Ini tidak menjadi masalah bagi blogger manapun. Yang terpenting adalah kita bisa membuat orang yang membaca tulisan ini bisa paham dengan jelas.

Membuat blog gratis ini bisa dilakukan melalui perangkat dekstop yang memungkinan kita untuk membuka laptopaau menghidupkan komputer kita. Namun seiring berkembangnya dunia teknologi membuat blog bisa kita lakukan dari prangkat Android. Jadi teman teman nggak perlu khawatir jika tidak mempunyai laptop tapi memiliki tekad menjadi seorang blogger atau membuat blog. Membuat blog bisa dilakukan menggunakan HP seperti cara membuat channel youtube baru di Android. Namun ini juga memiliki banyak kekurangan yang harus dimengerti. Seperti kita kurang maksimal mengedit template, meskipun takmenutup kemungkinan di android juga bisa di lakukan.

Sebelum membuat blog baru ada bebrapa hal yang harus dipersiapkan, antara lain

1.  Email
Kita harus mempunyai email terlebih dahulu, bisa mengguakan email yahoo atau gmail

2. Nama blog
Setelah membuat dan meiliki email baru, selanjutnya kita mesti mempersiapkan nama blog.
Buatlah nama yang sesuai dengan tema blog kita.semisal tema blog kita seputar teknologi maka carilah nama yang relevan dengan teknologi.

Cara membuat blog baru bisa segera dilakukan jika kedua syarat diatas sudah di persiapkan. Selanjutnya kita akan masuk pke proses membuat blog gratis. Seperti yang ku jelaskan sebelumnya membuat blog bisa dilakukan melalui PC atau laptop. Tetap sekarang ku tunjukkan car membuat blog melalui HP android.

Bukalah aplikasi Google chrome pada ponsel kalian, lalu pergi ke halaman blogger.com. ketikkan alamat URL itu pada address bar. Jangan lupa sebelumnya kita setting terlebih dahul halaman kita enjadi mode dekstop. Jika sudah menjadi mode dekstop kita juga bisa menonton atau mendengar video youtube darihome screen.

Selanjutnya ketika sudah berhasil massuk beranda blogger dalam mode dekstop, kita klik tulisan Buat Blog. Maka nanti kita akan di bawa ke halaman berikutnya. Kita akan di minta untuk login dengan email. Masukkan saja email yang tadi dipersiapkan. Isi email dan passwordnya dengan benar.

Kemudian kita di minta unntuk mengisi nama tampilan kita sebagai blogger. Isikan sesuai dengan nama kita. Kemudian tekan enter pada keyboard atau masuk. Lalu kita akan di arahkan ke halaman baru lagi, disana berisi undang undang Uni Eropa yang mewajibkan kita memberi nforasi kepadaa Uni Eropa tentang cookie. Silahkan dibaca dan dipaham. Jika dirasa sudah tau maksud dari pesan itu, lalu klik buat blog baru.

Pada tahapselanjutnya, kita memasukkan nama blog yang sebelumnya kita buat.
Judul : kolom ini adalah judul dari blog Anda, maksudnya nama blog baru

Alamat : isi alamat blog yang sesuai dengan selera teman teman dan pastikan untuk mudah diingat ya..

Tema : ini merupakan tema yang akan dipasang pada blog baru yang disediakan gratis oleh blogger.pilih yang menurut kalian sukai.

Setelah semua terisi dengan benar, selanjutnya klik Buat Blog!  

Dengan demikian membuat blog baru telah selesai dibuat.


Mungkin cukup itu saja materi yang bisa aku berikan kepada teman teman semua. Semoga bisa mudah di pahami dan bermanfaat selalu. Terima kasih dan sampai jumpa.


Wassalamu`alaikum wa rohmatullahi wa barokatuh.

0 Response to "Cara membuat blog gratis melalui Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel