Youtuber pemula harus tau, Kenapa peninjauan monetisasi lama

Assalamu`alaikum wa rohmatullahi wa barokatuh

Halo teman teman dimanapu kalian berada, berjumpa lagi bersamaku di blog pribadiku yang usianya baru seminggu, heheh. Oke teman teman semua sekarang massih sehat kan? Alhamdulilah kalau demikian. Pembaca setia blog ini adakah yang menjadi seorang youtuber? Apa kah kalian sudah di monetisasi channel kalian?
Youtuber pemula harus tau, Kenapa peninjauan monetisasi lama
Youtuber pemula harus tau, Kenapa peninjauan monetisasi lama


Mungkin kebanyakan dari kita yang menjadi seorang youtuber sering kali mengeluh. Yang kita keluhkan tak lain adalah channel kita yang sudah cukup lama mencapai batas minimum untuk mengajukan monetisasi. Hal ini tentunya sangat senang sekali, selama ini kita perjuangkan akhirnya tercapai. Hingga pada akhirnya kita bisa mengajukan monetisasi channel.

Tetapi syarat utama untuk meminta pengajuan monetisasi telah selesai bukan berarti channel kita sudah lolos ya, melainkan ini merupakan syarat awal untuk kita mendapatkan pundi pundi dolar. Tak bisa didingkari ketika kita terjun di dunia youtube bukan karena suatu hal, kecuali untuk membuat kita menghasilkan uang dari youtube tersebut. Hal ini sangat wajar jika ketika pengajuan monetisasi yang cukup lama membuat kita mengeluh berkelanjutan.

Jika teman teman mengalami hal seperti ini cobalah untuk cek video teman teman apakah masih dalam keadaan aman, atau malah berbahaya. Apakah ada beberapa video di channel teman teman memiliki sebua pelanggaran terkait copyright.atau pernah kalian mendapatkan sebuah klaim hak cipta lalu kalian menghapusnya. Baik itu klaim hak cipta dari musik yang berhak cipta atau dari tampilan visualnya.  Jika memang ada maka sangat wajar jia hal ini menjadi salah satu faktor penghambat channel untuk segera di monetisasi.

Sebelum masalah ini berlanjut lebih parah lagi, maka kita harus segera mempelajari dan menghindari dari macam macam hak cipta yang akan aku jabarkan di bawah ini. sehingga channel kita bisa benar benar memnuhi kelayakan monetisasi


Klaim Hak Cipta

Klaim hak cipta terjadi bilamana kita nya mengupload konten orang lain yang sudah terdaftar content ID. Maksudnya begini ya seseorang telah mendaftarkan karya yang ia upload di youtube ke conten ID. Hal ini bisa saja dalam bentuk video atau musik, Sehingga ketika ada channel lain yang mengupload maka youtube akan secara otomatis mencocokkan video kita pada database mereka. Jika secara kebetulan audio maupun visual dari video kita yang di upload akan terkena klaim hak cipta atau bahasanya terkena copyright.

Secara otomatis youtube akan mengirim sebuah email yang menyatakan video kita mencakup hak cipta orang lain. Namun kita tenang saja karena video kita tetap akan tampil di youtube. seumpamanya di channel kita terdapat satu atau beberapa video yang terkena klaim hak cipta maka biarkan saja meskipun kita berada dalam masa peninjauan atau belum peninjauan.

Pengaruh Klaim Hak Cipta

Setelah mengetahui apa itu klaim hak cipta, perlu kita ketahui juga dampak yang akan terjadi setelah kita terkena copyright claim. Memang benar video kita akan tetap tampil di channel youtube kita. Video tetap ada pada  channel dan bisa ditonton oleh orang lain. Namun konsekuensinya jika channel kita sudah belum di monetisasi maka akan iklan akan tampil pada video. Jangan bersenang terlebih dahulu sebab pendapatan iklan akan masuk pada pemilik hak cipta. 

Hal ini biasanya terjadi ketika terkena copyright music. Sedangkan jika channel sudah di monetisasi maka kemungkinan iklan akan tayang di video dan penghasilan akan dibagi dua sesuai dengan kesepakatan pemilik hak cipta. Ada juga beberapa orang yang tak ingin hasil karyanya di bagi dengan orang lain.


Teguran Hak Cipta

Teguran hak cipta terjadi bilamana ada seseorang yang mengetahui video mereka di upload oleh kita maka mereka bisa melaporkan ke youtube bahwa kita mengupload video mereka tanpa izin.atau dengan kata lain kita menemukan sebuah video, tanpa tau darimana video itu berasal lalu kita mengupload ulang ke channel kita. Lambat laun pemilik asli dari video youtube tidak segan segan membuat kita terkena teguran hak cipta.

Sangat disayangkan bukan, jika channel kita baru saja di buat sihtidak masalah. Tapi kalau kejadiannya beberapa bulan kedepan yang manakala channeel kita sudah maju dan berkembang, bukan tak mungkin reputasi channel akan menurun karena mendapat teguran hak cipta. Maka dari itu seorang creator yang benar benar ingin berkarya dan menghasilkan uang dari youtube, alangkah baiknya mengupload video original buatan sendiri.

Dampak Teguran Hak Cipta

Dampak dari teguran hak cipta tak seperti klaim hak cipta. Jika channel kita sampai mendapat teguran hak cipta maka status channel kita menjadi terkena teguran hak cipta. Video langsung di hapus oleh penggugat yang meminta penghapusan pada Youtube. Hal ini yang memungkinkan kita tidak bisa menguplad video terlalu sering karena di batasi dan tidak dapat melakukan live streaming. Bukan hanya itu, Channel akan mendapat hukuman selama 90 hari. Dalam 90 hari itu channel kita cukup memprihatinkan.

Jika dalam masa teguran 90 hari itu chanel kita  mendapat penghapusan video lagi atau teguran hak cipta kembali maka statusnya akan menjadi semakin parah. Dan jika saja kta mendapatkan teguran lagi, tepatnya teguran hak cipta yang ketiga kalinya. Maka channel kita akan di nonaktifkan sepenuhnya, artinya kita tak bisa mengakses kembali channel kita. Namun jika chanel kita sudah termonetisasi dan mendapatkan 3 kali teguan hak cipta, kita dipersilahkan untuk mendpatkan syarat 7 hari masa tenggang sebelum channel di nonaktifkan.

Penyelesaian teguran hak cipta

  • Menunggu proses hukuman selama 90 hari selesai
  • Meminta klaim pencabutan, mengajukan banding kepada penggugat
  • Mengirim pemberitahuan tanggapan, ini bisa di lakukan jika terdapat kekeliruan atas teguran hak cipta yang terjadi pada video kita atau kita hanya menggunakan materi penggunaan yang di perkenankan (fair use)

Perlu Diingat  pesan dai Youtube
“Menghapus video yang terkena teuran hak cipta tidak akan menyelesaikan masalah teguran”

Itulah sedikit pengalaman yang sayang jika kusimpan sendiri maka ada baiknya kita semua tau tentang dasar hak cipta ini. Selamat berjuang dan patuhi aturan yang berlaku dimanapun kita berada. Sekian semoga bermanfaat dan sampai jumpa.


Wassalamu`alaikum wa rohmatullahi wa barokatuh.

0 Response to "Youtuber pemula harus tau, Kenapa peninjauan monetisasi lama"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel