Cara shorten URL atau memperpendek link blog

Assalamu`alaikum wa rohmatullahi wa barokatuh

Berjumpa lagi bersama saya di blog sederhana nan unik ini dan pastinya akan akan suguhkan secara menarik. Bagaimana kabarnya teman? Sehat selalu kan? Alhamdulillah. Shorten URL merupakan sebuah perkara yang perlu di lakukan. Di lihat dari arti dan makna nya saya rasa teman teman semua sudah pada tau. Yap, shorten URL merupakan kegiatan memperpendek link dari suatu blog atau website.
Cara shorten URL atau memperpendek link blog
Cara shorten URL atau memperpendek link blog

Memperpendek link ini sangat diperlukan, bahkan diwajibkan karena rasanya tidak enak sekali sih kalo melihat sebuah link yang cukp panjang apalagi jika kita mengambil link dari website yang memiliki link panjang. Contoh lainnya ketika kita mau share sebuah postingan dari facebook menggunakan link URL. Jadi mempendek link bisa menjadi solusinya.

Mempersingkat url bisa dilakukan dengan bantuan dari blog atau website pihak ketiga. Di luaran sana ada banyak sekali website yang menyediakan shorten URL. Masing masing situs pemendek URL memiliki fitur yang berbeda, sbeagian ada yang gratis ada pula yang berbayar. Namun bagi pemula seperti kita, kita sudah cukup layak dengan mempermendek link menggunakan yang gratis saja.

Cara kerja shorten URL

Setelah sudah tau pengertian dari memendekkan URL, kita akan mempelajari cara kerjanya. Cara Shorten URL itu kita memiliki sebuah link yang cukup panjang dan kita hendak memperpendek kan link tersebut supaya terlihat lebih rapi dan singkat. Maka dari itu kita harus menggunakan Shorten URL.

Situs shorten url

Selanjutnya kita akan menuju ke inti pembahasan kita, untuk melakukan short URL, kita membutuhkan sebuah website yang bernama bit.ly. sebenarnya ada banyak sekali situs pemendek link, tapi di sini aku akan menggunakan dengan bit.ly karena short url ini yang sering aku gunakan ketimbang situs url yang lain.

Selanjutnya kita akan memperpendek url, pertama kita masuk ke situs bit.ly. katikkan url bit.ly pada address bar browser kita. Namun sebelumnya kita persiapkan dahulu link yang akan di jadikan contoh, link atau URL yang mau di pendekkan lalu copy.

Setelah berhasil masuk dihalaman bit.ly lalu kita pastekan link yang sebelumnya di copy pada kolom yang telah disediakan pada web bit.ly kemudian klik short. Tunggu sesaat maka link akan berubah menjadi pendek dengan sendirinya.


Manfaat Short url bit.ly

  • Link menjadi pendek, jika sebelumnya kita punya link yang panjang, setelah di short di bit.ly link menjadi pendek.
  • Gratis, kita bisa menggunakan bit.ly short url dengan gratis loh teman teman, tanpa keluar uang sepeserpun
  • Tanpa login, yah kita tidak mengharuskan untuk login dengan short url bit.ly

Namun dari manfaat diatas ada sedikit kekurangan yang admin temukan, yakni kita melakukan short url di bit.ly di batasi jika tidak login atau mendaftar di website mereka. Semisal teman teman au memiliki akses yang tinggi atau bisa memperpendek link yang terbilang banyak. Maka disarankan untuk mendaftarnya disana.

Okelah saya rasa cukup sekian pertemuan kita kali ini via artikel. Semoga bisa menambah wawasan yang lebih bagi kita pribadi. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.


Wassalamu`alaikum wa rohmatullahi wa barokatuh.

0 Response to "Cara shorten URL atau memperpendek link blog"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel