5 tips dasar berjualan online agar cepat laku – Panduan bisnis online

Assalamu`alaikum wa rohmatullahi wa barokatuh.

Halo semuanya balik lagi bersama Mantan pegawei, berjualan merupakan hal yang menjadi tren di masa sekarang ini. Pada hakekatnya menjual memang sudah diterapkan pada zaman dahulu. Pada zaman dahulu transaksi jual beli sudah perkembang pesat. Hal ini karena perdagangan yang dimulai dari bangsa arab hingga sampai di nusantara.

5 tips dasar berjualan online agar cepat laku – Panduan bisnis online

Pada konsepnya jual beli merupakan sebuah akad yang di sahkann atas kesepakan kediu belah pihak, dalam hal ini penjual dan pembeli. Penjual berarti seseorang yang memiliki barang atau jasa. Sedangkan pembeli ialah seseorang yang akan menggunakan produk atau jasa yang tersedia. Kesepakatan ini akan berakhir deng berbeda pula, seperti bisa menukarkan sesama barang, atau ditukar dengan uang.

Di jaman sekarang transaksi jual beli sudah dengan berbagai macam cara. Cara cara tersebut bisa dikelompokkan menjadi 2 kelompok :

1. Jual beli offline
2. Jual beli online

Yang pertama ialah jual beli secara offline. Jual beli  semacam ini merupakan jual beli yang dilakukan dalam dunia nyata. Tanpa menggunakan jaringan internet sebagai perantara untulk bertransaksi. Jadi mekanisme yang dilakukan ialah secara langsung, kita bisa menemui penjual atau pembeli secara langsung.

Berbeda dengan jual beli offline, jual beli yang online merupakan transaksi jual beli yang menggunakan internet sebagai perantara. Kita bisa dengan mudah menjual dan membel tanpa harus keluar rumah. Terutama bagi kita yang malas keluatr rumah, ini akan menjadi solusi utuk membeli bnarang kebutuhan pokok atau sekunder.

Dari kedua jenis jual beli diatas, pratiknya memang berbedap, proses kesepakatannya pun juga berbeda. Untuk seseorang yang hidup di era modern ini. Jual beli lebih suka dilakukan secara online. Bukan tak mungkin karena alasan di atas saja. Bagi penjual, dengan berjualan melalui online memiliki banyak keuntungan tersendiri.

Berjualan online memang mempunyai banyak keuntungan bagi seorang penjual, karena modal yang dikeluarkan juga minim. Terutama bagi penjual yang mempunya berbagai macam jenis sosial media. Sebab dengan sosial media bisa melakukan promosi atau produk atau jasa yang kita miliki. Kita bisa membagikannya dengan mudah atas produk atau jasa kepada teman melalui jejaring sosial.

Lantas dengan keterangan singkat di atas sehingga ada di antara kalian yang ingin berjualan secara online. Maka kalian perlu mengetahui dan mempelajari tips yang akan aku bagikan ini. Ini merupakan tips dasar untuk berjualan online. Namun bagi kalian yang sudah berjualan, tips ini bisa digunakan untuk mendapatkan customer baru sehingga bisa mengembangkan jualan kalian di online.

Apa sajakah itu? Simak di bawah ini.

1. Tentukan target jual

Langkah pertama adalh menentukan target jual. Seblum mau berjualan, tentuykan dulu mau berjualan apa nantinya. Ini yang benar benar menjadi ilmu dasar dalam berjualan, baik secara online atau offline.

Dengan mengetahui apa yang akan di jual ini akan memudahkan kita untuk mendapatkan customer. Misal nya berjualan apa yang sedang musim sekarang ini. Katakan sekarang sedang musim kemarau, musim kemarau identik dengan panas dan haus. maka berjualan yang berkaitan dengan hal tersebut bisa membuat kalian sedikit tau, kalian bisa saja menjual macam macam es yang enak bila di mium di musim ini.

2. Tentukan market

Setelah tau mau berjualan apa, selanjutnya adalh menentukan market. Market disini maksudnya ialah kepada siapa kita akan menjual produk kita atau jasa kita. Dan dimana kita akan memasarkannya. Ini akan menjadi tantangan kedua yang akan kalian coba.

Dalam mengetahui market penjualan, kalian akan mengetahui kepada siapa produk ini ditujkan. Seumpama kalina menjual sebuah produk kecantikan, ini adalah satu contoh dari sekian banyak contoh. Kalian bisa menerapkan jualan yang lain.

Katakan kkalian menjual sebuah sabun kecantikan, maka target pasar atau market yang tepat adalh perempuan sekitar usia 19-30 tahunan. Dengan begitu, kalian perlu menjual nya pada target tadi dan ini akan membuat sebuah produk laku, karena prodek sesuai dengan pasar atau market.

3. Buat wadah

Diera modern ini kita bisa membuat wadah untuk para calon pembeli kita. Dalam hal ini adalah wadah untuk berinteraksi anatara pembeli dengan kalian. Di era modern ini sosial media cocok dijadikan sebagai wadah atau tempat untuk berjualan. Apalagi jika kalian merupakan penguna sosial media dengan pengikt atau pertemanan yang banyak.

Contoh lainnya adalah dengan membuatkan channel atau grub di telegram, atau bisa juga dengan membuat sebuah channel youtube untuk membantu pemasarn produk kalian. Dengan menciptakan tempat seperti ini, calon pembeli akan dengan mudah mengetahui di mana Anda berjualan.

4. Beri seseatu yang bermanfaat

Berikn sesuatu yang bermanfaat stelah kalian mendapatkan calon calon pembeli, yang kalian masukkan pada wadah tempat berjualan. Dalam hal ini kita bisa memberi bonus tambahan ketika ada seseorang yang membeli produk ata jasa.

Bisa juga dengan memberi giveaway gratis ketika sebuah channel sosial media kalian mencapai titik tertentu, kalian beri giveaway. Hal ini supaya oang orang yang mengikuti anda lebih percaya pada Anda dengan pemberian give away dari Anda. Sehingga mereka percaya bahwa Anda benar bena penjaul yang ramah dan baik.

5. Mulai menjual

Langkah terakhir adal menjual produk kepada orang yang telah di kumpulan sebelumnya. Bila kalian menerapkan ke empat tips sebelumnya, terutama dengan tips yang ke empat, kalian akan mendapati orderan meskipun tanpa harus menawarkan pada pembeli.

Anda juga bis  menjual produk dengan berbagai cerita menarik yang mungkin bisa anda kreasikan terhadap produk tersebut.

Okelah demikianlah tutorial bisnis online yang sengaja aku buatkan untuk kalian, semoga bisa memahaminya. Syukur syukur kalian menaerapkan dalam berjualan.

Mohon maaf bila mana terdapat kesalahan dalam enulisan artikel ini,karena admin adalh manusia yang tak luput dari kesalahan.

Terima kasih sekian dan sampai jumpa.
Wasalamu 'alaikum salam wa rohmatullahi wa barokatuh.

0 Response to "5 tips dasar berjualan online agar cepat laku – Panduan bisnis online"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel